Profile Sekolah

SMA Negeri 1 mengwi merupakan salah satu sekolah umum tertua di kabupaten badung, itu yang menjadikan sekolah ini mempunyai nilai tersendiri di kabupaten Badung. Sekolah yang di kepalai oleh Ibu Ni Luh Made Ratna Agustini ini mempunyai kemajuan yang cukup pesat di bidang akademik, non akademik baik di lokal maupun tingkat nasional.

Ni Luh Made Ratna Agustini lahir di banjar. Beng Kelod, Desa Tunjuk, Kabupaten Tabanan, Bali pada tanggal 14 Agustus 1968, putri kedua dari pasangan I Wayan Rateng Suadnya dan Ni Made Nati. Adapun jenjang pendidikan yang ditempuh menamatkan pendidikan di SD No 4 Buahan pada tahun 1981, SMP Negeri 1 Tabanan pada tahun 1984, SMAN 3 Denpasar tahun 1987, D3 Fisika FKIP UNUD tahun 1990, S1 Fisika pada Universitas terbuka tahun 1996, S2 PEP Universitas Ganesa pada tahun 2015.

Ibu dengan dua  orang anak  (dr. I Gede Agus Bhakti Suputra,S.Ked, dan I Made Darma B.Is) dari pasangannya I Ketut Jirna,S.Pd.M.Pd yang kini tinggal di banjar. Pengabetan, Desa Baha ,Mengwi  mulai bertugas sebagai guru di SMAN 1 Baturiti tahun 1991 dan pindah bertugas di SMAN 1 Abiansemal pada tahun 2005 menjabat sebagai waka kurikulum, waka humas, selanjutnya diangkat pertama kali menjadi kepala sekolah  2 Juli 2015 di SMAN 1 Petang. Pada tgl 2 September 2017 selain menjabat sebagai kepala sekolah di SMAN 1 Petang diberikan tugas tambahan sebagai Plt. Kepala Sekolah di SMA N 1 Mengwi. Dan terakhir di pindah tugaskan per tanggal 12 Februari 2018 menjadi Kepala Sekolah di SMA Negeri 1 Mengwi tempat bertugas saat ini.

Di sela sela kesibukan melaksanakan tugas, selalu memanfaatkan waktu untuk menulis  baik dalam pendidikan formal maupun nonformal. Beberapa prestasi yang diraih dalam pendidikan nonformal sebagai berikut, Juara I karya tulis PTK PNF tingkat Kabupaten Badung dan Propinsi Bali pada tahun 2010, 2011, 2012, 2013 dan mendapat juara I dalam Apresiasi PTK PAUDNI tingkat Kabupaten Badung tahun 2016, yang dilanjutkan di propinsi mendapat juara 2 dalam bidang yang sama pada tahun tersebut. Dalam pendidikan formal melalui  ketekunan dan pengabdian pada pendidikan pada tahun 2013 meraih predikat  Juara 1 OGN Fisika tingkat Kabupaten Badung, Juara I Guru Berprestasi  di Kabupaten Badung tahun 2013, dan menperoleh Juara III Guru Prestasi tingkat Propinsi Bali pada tahun yang sama. Dalam lomba penyusunan media pembelajaran, berhasil meraih juara 2 tingkat Propinsi Bali yang dilakukan berkelompok dengan guru mata pelajaran sejenis. Penghargaan dari Gubernur Bali dalam bidang pendidikan diperoleh pada tahun 2015 yaitu sebagai peraih Guru Widya Kusuma.

Tidak ada kata lelah dalam memberikan pelayanan dan menulis, sehingga mampu meraih karya terinovatif dalam Seminar Kepala Sekolah di Jakarta  pada tahun 2017.  Dengan prinsip hidup,“Manusia dinilai dari apa yang ia perbuat dan manfaat apa yang ia beri untuk sesama” berusaha memotivasi diri untuk bekerja.